Monday, May 19, 2014

Kenji - the tale of a kung fu prodigy

Lately there's a lot of old mangas that are being republished by Elex Media as 'premiums'. Basically they just bundled about 1 1/2-2 volumes of mangas that were popular and has ended for quite some time. You can call it as a way of just increasing their incomes, since there's not really much difference between the old and the new one. Sure they've done some translation edit here and there, but it's still the same content. But hey, i'm not here to complain, since i'm actually liking this republishing thing. At least i can easily recollect the things i loved and lost during the Jakarta's big flood of '07. One of the most recent premium title which has just been completed is Kenji.
Seriously, this is one of the best thing i read as as a child and it still is. Republished as 12 separate volumes, Kenji follows the story of Kenji Goh a Kung Fu prodigy in his journey to find his lost grandfather in China, moreover to find the true essence of Kung Fu. What's cool about this manga is there's a lot of action and Kung fu moves that are explained in details. Unlike most mangas who usually only mention some moves, and even worse only mention the name of the moves.Since he's a kung fu prodigy those details comes along naturally without being gimmicky. Also the way that the mangaka draws his manga is quite detailed and real. Making readers feels as if they are watching a Kungfu movie and not just a manga.
The way it flows makes me want to reread the whole thing in one sitting. There's no unnecessary additional arc. Everything is in place for Kenji in order for him to grow and reach his goals. One thing that's been bothering me is just the fact that he's a member of an secret organization but that story never develops that far in order to know what will it make of him in the future. But still this manga is the perfect shonen manga which you would like your little brother or your son to read. It has a nice blend heroism, wisdom, and also it's squicky clean fun. Unlike most mangas filled with fan service nowadays. With his smart, humble, honest, and hard working attitude Kenji is the perfect role model that kids could look up to.

___________________________________________________________________________________

 Belakangan ini banyak manga-manga jadul yang dicetak ulang oleh Elex Media sebagai 'komik premium'. Sebenarnya yang dimaksud dengan komik premium ini adalah bendel dari 1 1/2-2 jilid komik yang dulunya lumayan populer dan sudah tamat dalam waktu yang lumayan lama (ada juga yang belum tamat i.e. Topeng Kaca).

Yah, bisa disebut sebagai upaya untuk menambah keuntungan aja sih, karena sebenarnya tidak terlalu banyak perbedaan antara versi lama dan 'premium'. Kadang memang ada sedikit 'perbaikan' terjemahan tapi intinya tetap sama. Tapi gw ga berhak juga untuk komplain, karena sebenarnya gw lumayan tertolong dengan dicetak ulangnya komik-komik favorit gw dulu. Paling tidak gw bisa lebih gampang mengkoleksi ulang komik-komik gw yang hanyut karena banjir besar di tahun 2007 lalu.

Well, balik ke topik awal, salah satu judul premium yang baru saja tamat adalah Kenji.


Beneran deh, ini salah satu komik terbaik yang pernah gw baca waktu gw SD dan bahkan masih bisa bersaing lah dengan komik-komik canggih sekarang.

Dicetak ulang dalam 12 jilid, komik yang tadinya tamat dalam 22 volume ini berkisah tentang Kenji Goh, remaja penggila kung-fu yang mencari kakeknya yang hilang di China, dan lebih lanjut lagi untuk mencari esensi utama dari Kung Fu.

Salah satu hal yang membuat komik ini beda dari komik-komik shonen sejenis adalah padat dan detailnya gerakan dan jurus-jurus kung fu yang ditampilkan. Tidak seperti kebanyakan manga yang biasanya hanya menyebutkan garis besar gerakan saja dan lebih parah hanya sebatas 'judul' saja. Karena Kenji digambarkan sebagai remaja yang sangat berminat dan berbakat dalam Kung Fu detail-detail seputar jurus dan gerakan bisa mengalir begitu saja tanpa terasa dipaksakan. Gaya menggambar mangaka Kenji, Yoshihide Fujiwara, yang juga cukup riil dan detail terasa pas dengan aura realis yang diciptakan oleh manga ini. Kombinasi dari hal-hal tersebut di atas membuat pembaca merasa seolah mereka sedang menonton film Kung Fu dan bukannya sekadar membaca manga.



Pengkisahannya yang mengalir membuat gw selalu ingin menamatkan komik ini dalam sekali baca. Tidak ada kisah 'tambahan' yang tidak perlu. Semuanya berada pada tempat yang semestinya bagi Kenji agar dia bisa terus berkembang dan mencapai tujuannya.

Satu-satunya hal yang masih mengganjal soal komik ini adalah keberadaan fakta bahwa Kenji di perjalanannya didukung dan menjadi bagian dari suatu organisasi rahasia. Namun hingga akhir tidak diperjelas apa yang akan mereka lakukan setelah membantu dan merekrut Kenji.

Walaupun dengan sedikit ketidakjelasan itu, manga ini tetap menjadi manga yang sangat cocok untuk direkomendasikan untuk adik maupun anak laki-laki gw. Campuran dari moril yang tinggi, kepahlawanan, kebijaksanaan dan juga fakta bahwa komik ini bersih dari 'fan service' benar-benar sesuatu yang jarang ditemui di komik-komik sekarang.

Dengan sikapnya yang rendah hati, cerdas, jujur dan pekerja keras, Kenji adalah contoh yang baik bagi anak-anak cowok di setiap masa.
.

No comments: